Kamis, 27 Januari 2011

Pengaruh Lingkungan Terhadap Kesehatan

Secara spesifik, perkembangan epidemiologi berperan dalam terjadinya penyakit dan wabah. Hippocrates (460-377 SM) adalah salah seorang tokoh di dunia kedokteran. Dia adalah tokoh yang pertama berpendapat bahwa penyakit ada hubungangannya dengan fenomena alam dan lingkungannya. Menurut ilmu kesehatan lingkungan/sanitasi bahwa penyakit terjadi karena manusia berinteraksi dengan lingkungannya.

Interaksi manusia dan lingkungannya terjadi secara wajar sejak manusia di lahirkan sampai meninggal dunia. Unsur-unsur lingkungan hidup seperti udara, air, makanan, rumah dan kebutuhan lainnya dibutuhkan manusia sebagai kelangsungan hidupnya. Dalam proses interaksi itu, tidak selalu bahwa lingkungan menguntungkan tapi juga ada sebagian yang merugikan. Misalnya, seseorang yang makan makanan yang terlalu banyak maka akan menimbulkan kejadian penyakit. Begitupun sebaliknya, seandainya seseorang makan dan minuman yang kurang maka akan mengakibatkan kekurangan gizi. 
Hal diatas merupakan gambaran akibat hubungan timbal balik antara aktivitas manusia dengan lingkungannya. Sebagai kesimpulan bahwa di dalam lingkungan terdapat faktor-faktor yang menguntungkan manusia (eugenik) dan faktor-faktor yang merugikan manusia (disgenik). Bagaimana sebaiknya kita bersikap terhadap kedua faktor diatas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar anda untuk berbagi