Rabu, 01 Juni 2011

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2011

Empat hari lagi masyarakat dunia akan memperingati Hari Lingkungan Hidup yang selalu diperingati setiap tanggal 5 Juni. Mengapa harus diperingati? Manusia adalah bagian dari lingkungan hidup yang tidak bisa dipisahkan. Ibarat sisi mata uang yang selalu memberikan arti satu dengan yang lainnya untuk kehidupan. Lingkungan akan sangat berarti seandainya dia memberikan manfaat untuk kelangsungan semua kehidupan dalam sebuah kesatuan ekosistem.

Keanekaragaman Hayati
Kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang dilimpahkan Tuhan YME merupakan titipan kepada kita semua untuk dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang, oleh sebab itu himbauan untuk bersama-sama selalu melestarikan lingkungan hidup perlu terus dikumandangkan. Rabu (10/01) adalah peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2011 sebagai peringatan dan pengingat kita semua untuk selalu menjaga lingkungan hidup kita.

Keanekaragaman hayati mempunyai peran penting bagi kehidupan umat manusia karena merupakan sumber penyediaan bahan pangan, sandang, papan, dan obat-obatan. Di samping itu, keanekaragaman hayati juga berfungsi sebagai penyedia sumber air, udara bersih dan bentang alam.

Keanekaragaman hayati mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi yang menghasilkan devisa bagi sumber keuangan negara antara lain di sektor industri, pertanian, kehutanan dan kesehatan. Dari segi kegunaan, manfaat keanekaragaman hayati sangat besar untuk keperluan farmaseutika, biofarmaka, herbal, pangan, papan, maupun hias ornamental dan hobi serta penyedia jasa lingkungan yang harus kita sadari bahwa alam memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita.

Keanekaragaman hayati merupakan unsur pembentuk kelestarian lingkungan hidup yang berfungsi sebagai penopang utama kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup
Untuk tahun ini mungkin terasa special. Sebagaimana yang ditetapkan telah oleh United Nations Environment Programme (UNEP), untuk tahun 2011 ini, Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengangkat tema “Forests: Nature at your Service”. Pemilihan tema ini disesuaikan dengan tahun 2011 yang dideklarasikan PBB sebagai Tahun Hutan Internasional (International Year of Forest). Untuk Peringatan Internasional akan dipusatkan di New Delhi India.

Tahun ini bisa dikatakan special, karena sebelum perayaan tepatnya tanggal 11 Mei 2011, Indonesia bersama tujuh negara lainnya yaitu Guatemala, India, Jepang, Norwegia, Afrika Selatan, Swiss dan Tunisia menandatangani Protokol Nagoya di Markas Besar PBB, New York. Penandatanganan dilakukan pada Ministerial Segment – Commission on Sustainable Development sesi ke-19 (CSD-19) yang bertempat di General Assembly Hall, Markas PBB, New York.

Nah bener special kan! Kenapa?

Karena dengan penandatanganan protokol tersebut, akan menjadi tonggak sejarah pemanfaatan konvensi keanekaragaman hayati. Protokol Nagoya akan menjadi instrumen penting yang dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya genetik dan menghentikan praktik biopiracy (pencurian sumber daya genetik), khususnya bagi Indonesia yang merupakan negara mega biodiversity kedua di dunia.

Dengan hasil itu tentunya akan berdampak pada kebijakan di Negara kita, salah satunya dengan dirancangnya Undang-undang Pengelolaan Sumber Daya Genetik (RUU PSDG) yang bertujuan sebagai legislasi nasional dalam pemanfaatan SDG untuk kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat yang memiliki kearifan atau pengetahuan tradisional dalam pengolahan sumber daya genetik.

Untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup sendiri yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup antara lain adanya Pekan Lingkungan Indonesia yang diselenggarakan ke-15 kalinya akan dilaksanakan dengan rangkaian acara antara lain Pameran Lingkungan, Sejuta Pohon Sejuta Sepeda, Green Music Festival, Eco Driving Rally, Eco Creative, Launching Program, Seminar, Workshop, Aneka Lomba, dan acara lainnya dengan melibatkan seluruh stakeholder.

Sedang untuk Provinsi DIY sebagaimana yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat juga mengadakan kegiatan perayaan hari lingkungan hidup diantaranya dengan sepeda gembira, pementasan wayang dan lain-lain. Untuk lebih detailnya akan saya posting setelah ada kepastian jadwal dari yang berwajib, hehehe

Selamat Hari Lingkungan Hidup 2011

“Mari tingkatkan kesadaran dan kepedulian kita terhadap lingkungan hidup”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar anda untuk berbagi